Sabtu, 31 Desember 2011

Pengabdian Sosial untuk Pendidikan Anak Bangsa

Pergantian tahun merupakan moment titik awal untuk suatu perubahan menuju lebih baik dari tahun sebelumnya. Jadi apa resolusi juaramu di tahun 2012? Seberapa besar manfaat yang telah kita berikan?
Berawal dari terinspirasinya semangat juang 10 anak dari keluarga miskin di desa Gantung, Belitung Timur yang bersekolah di SD Muhammadiyah, tentunya teman-teman mengetahui siapa mereka. Ya, mereka adalah Laskar Pelangi, yang semangatnya menggelora untuk meraih mimpi-mimpi gemilang.

Disini saya menyoroti sebuah kata PENDIDIKAN rupanya merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan, perlu dukungan, dan terus dikembangankan. Meskipun saya bukan seorang pengamat dibidang pendidikan apalagi seorang Menteri Pendidikan, tapi tentunya setiap orang memikirkan hal ini, karena dengan majunya pendidikan mencerminkan kemajuan suatu bangsa. Dan tentunya sebuah keterbatasan perekonomian dan keterbatasan fisik bukanlah suatu penghalang untuk mengenyam pendidikan dan berprestasi, hal ini terbukti teringat saya pada acara Kick Andy pada tanggal 23 Desember 2011, mereka berprestasi sangat luar biasa bahkan mengharumkan bangsa Indonesia. Pertanyaannya adalah betulkah anak yang lahir dari keluarga miskin tidak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu? Betulkah mereka tidak berhak untuk menggapai sukses dalam kehidupan mereka?

Sebagai seorang mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, saya merasa terpanggil setidaknya untuk berbagi ilmu pengetahuan, tentunya dalam upaya kemajuan pendidikan yaitu dalam bentuk Pengabdian Sosial mengenai Teknologi Informasi dan Internet di bidang Pendidikan. Seperti kita ketahui perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi Internet saat ini berkembang sangat pesat, begitupun di dunia pendidikan mengalami peningkatan, tentunya dalam hal ini Telkom Speedy turut andil mendukung perkembangan teknologi tersebut. Dengan adanya internet, maka proses pendidikan semakin terbuka dan proses pembelajaran semakin luas dengan tanpa batas. Namun pada keyataannya semua itu belum dirasakan secara merata karena keterbatasan alat dan media pendukung untuk daerah tertentu maupun keterbatasan kondisi perekonomian masyarakat. Maka dari itu saya ingin memberikan sesuatu yang sekiranya bermanfaat yaitu dengan melakukan pengabdian sosial mengenai pengetahuan internet dan teknologi informasi dibidang pendidikan pada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA Sederajat), memulai dari daerah Pedesaan saya di wilayah Sumedang.

Sedikit membahas dari manfaat dan dampak dari internet. Tidak dapat kita pungkiri selain memberikan manfaat atau dampak positif, internet juga dapat berdampak negatif seperti pornografi, kecanduan game online, dan kecanduan jejaring sosial. Oleh karena itu peranan orang tua, guru, dan sosialisasi pihak terkait sangat dibutuhkan agar internet dalam pendidikan tetap dalam koridornya. Beberapa manfaat internet di bidang pendidikan diantaranya yaitu :
  • Sebagai sumber pembelajaran memperoleh ilmu pengetahuan pendidikan.
  • Memperluas wawasan dan pengetahuan siswa.
  • Belajar dengan sistem jarak jauh, untuk sharing ataupun diskusi secara online atau dengan kata lain e-learning.
  • Media eksplorasi kreativitas, siswa dapat menuangkan apresiasi kemampuan dirinya, dalam hal menulis dari apa yang dipahami dan dipelajari khususnya mengenai materi pendidikan.
  • Media pembelajaran interaktif dengan berbasis multimedia
Jadi Resolusi Juara 2012 saya untuk Pengabdian Sosial untuk Pendidikan Anak Bangsa (SD, SMP, dan SMA Sederajat) yaitu :
  1. Memberikan Seminar atau Sosialisasi mengenai Pengetahuan Teknologi Informasi dan Internet, menuju Internet Sehat  Aman. Dengan tujuan tercapainya Program Nasional yaitu Internet Sehat Aman (INSAN), dengan cara mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman ke berbagai kalangan khususnya para pelajar, sehingga internet dapat memberi manfaat dan nilai tambah bagi dunia pendidikan.
  2. Memberikan Seminar dan Workshop mengenai Pembuatan Blog Pendidikan. Dengan tujuan menjadikan internet sebagai media eksplorasi kreativitas siswa, yaitu dengan menuangkan dalam bentuk tulisan dari ide-ide kreatifnya, sehingga dapat memberi manfaat dan nilai tambah sebagaimana tujuan dari Program Nasional yaitu INSAN. Konsep yang akan diterapkan yaitu memadukan media blog dengan jejaring sosial, dimana nantinya media jeraring sosial sebagai media promosi atau sharing kepada teman-temannya. Jadi jejaring sosialpun dapat memberikan dampak positif yang lebih manfaat sebagai media komunikasi dan berdiskusi.
  3. Memberikan Seminar dan Workshop membuat Media Pembelajaran Interaktif dan Edukatif dengan media Power Point. Dengan tujuan siswa mampu menyampaikan pemahamannya dengan menuangkan materi dengan bentuk pembelajaran interaktif dan edukatif dengan berbasis multimedia yang sederhana.
Saya bukanlah orang yang banyak tahu hal dan begitu ahli dibidang tersebut, tetapi itulah Resolusi saya untuk berbagi, yang Insya Allah akan dilaksanakan setelah Resolusi saya di Januari 2012 terlaksana yaitu Seminar dan Sidang Skripsi. Besar harapan saya atas dukungan dari berbagai pihak untuk terlaksananya Pengabdian Sosial ini, terutama Telkom Speedy sebagai Internet Service Provider yang terkemuka di Indonesia, mempunyai peranan sangat besar dalam mendukung perkembangan internet Indonesia.
Berbicara Resolusi Juara pribadi saya pun punya, jangka pendek ja dulu :
  • Lulus Seminar dan Sidang Skripsi Januari 2012. Lulus Kuliah dengan predikat cum laude (hehe.. mimpi_^)
  • Mendapat pekerjaan yang sesuai, ya setidaknya di PT Telekomunikasi Indonesia (hehe... mimpi lagi_^. Do not be afraid to dream, since it all started from a dream).
  • Pengabdian Sosial Teknologi Informasi dan Internet untuk Pendidikan. Tunggu dan mohon dukungannya, SDN Kecamatan Tomo, SMPN 1 dan 2 Tomo, MTsN Tomo, SMPN 1 Ujung Jaya dll.
"Semangat Terus untuk Berbagi dan Berkarya, kemenangan dan kesuksesanmu adalah seberapa besar dirimu memberi manfaat pada sesama"

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

So you think we’re the right folks for the job? Please get in touch with us, we promise we won't bite!



Designed By Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates